Minggu, 08 April 2018

Sistem Pemasukan udara Pada mesin diesel (Air Induction Sistem)

Karena pada mesin disel pembakaran bahan bakar adalah akibat pengkompresian udara di dalam ruang tertutup yang disebut silinder mesin, hal ini dapat anda bayangkan pompa sepeda apabila anda pompakan dan ujung pompa anda tutup dengan jari tangan anda maka akan terjadi panas karena pemompaan udara yang ada di dalam pompa tersebut. Jumlah udara yang masuk ke dalam silinder mesin sangat menentukan temperatur panas yang dihasilkan pada saat terjadi pengkompresian di dalam silinder mesin. Proses pembakaran pada mesin disel akan sangat tergantung pada panas yang terjadi akibat udara yang masuk ke dalam silinder
kemudian dikompresikan pada ruang tertutup karena katup masuk maupun katup sama-sama tertutup
Pada mesin disel kompensional atau mesin-mesin disel kecil udara masuk ke dalam silinder adalah akibat isapan piston dan dengan cara ini udara yang masuk ke dalam silinder tidak sepenuhnya dapat mengisi silinder mesin (hanya terisi ± 80%), sehingga panas yang ditimbulakn juga tidak akan meaksimum. Untuk mesin-mesin disel besar dan disel modern yang membutuhkan tenaga besar didesainlah mesin disel dengan tambahan komponen yang disebut turbo charger.

Kerja engine diesel yang effisien memerlukan jumlah udara yang tepat pada ruang pembakaran dan gas buang dapat keluar dengan hambatan yang minimal. Suhu udara masuk dan gas buang yang keluar juga merupakan hal yang penting pada performa dan usia pakai engine.
 
Sistem pemasukan udara engine terbagi menjadi beberapa jenis yaitu:
1. Natural aspirated
2. Turbocharger
Engine yang menggunakan turbocharger terbagi menjadi dua jenis yaitu:
1. Turbocharger
2. Turbocharger aftercooler
Aftercooler yang dipergunakan turbocharger engine terdiri dari:
1. Air to air aftercooler
2. Jacket water aftercooler
3. Separate circuit aftercooler

Natural aspirated merupakan sistem pemasukan udara kedalam ruang bakar secara alamiah. Hisapan piston saat langkah intake mengakibatkan udara luar mengalir melewati precleaner, air cleaner, intake manifold karena terjadi kevakuman diruang bakar.

Apabila terjadi hambatan pada air cleaner dan sistem intake, kerapatan udara yang dihisap menjadi sangat rendah dibanding kerapatan udara atmosfer. Karena jumlah udara terbatas maka bahan bakar yang diinjeksikan juga terbatas sehingga tenaga yang dihasilkan juga terbatas.

Sedangkan Turbocharger merupakan sistem pemasukan udara kedalam ruang bakar dengan cara dipaksa


Untuk melakukan pekerjaan dan perbaikan pada sistem udara pada engine, maka penting untuk memahami aliran udara melalui system dan fungsi tiap komponen. Juga penting untuk memahami bentuk komponen tersebut dan bagaimana cara bekerjanya.
Keterangan gambar:
Sistem pemasukan udara dan pembuangan gas buang yang umum
yaitu:
1.  Precleaner;
2. Air filter;
3. Turbocharger;
4. Intake manifold;
5. Aftercooler;
6. Exhaust manifold;
7. Exhaust stack;
8. Muffler; dan Connecting pipes.






1 komentar:

  1. Terimakasih atas infonya ya min, sangat bermanfaat.
    Oh ya, sekedar informasi tambahan aja nih.
    Bagi yang membutuhkan Penyewaan AC untuk keperluan berbagai acara seperti event, pameran, pesta dan lain-lain bisa coba menghubungi kami Arthur Teknik.

    Salam Blogger min.

    BalasHapus