Karena pada mesin disel pembakaran bahan
bakar adalah akibat pengkompresian udara di dalam ruang tertutup yang disebut
silinder mesin, hal ini dapat anda bayangkan pompa sepeda apabila anda pompakan
dan ujung pompa anda tutup dengan jari tangan anda maka akan terjadi panas
karena pemompaan udara yang ada di dalam pompa tersebut. Jumlah udara yang
masuk ke dalam silinder mesin sangat menentukan temperatur panas yang
dihasilkan pada saat terjadi pengkompresian di dalam silinder mesin. Proses
pembakaran pada mesin disel akan sangat tergantung pada panas yang terjadi
akibat udara yang masuk ke dalam silinder
kemudian dikompresikan pada ruang tertutup
karena katup masuk maupun katup sama-sama tertutup
Pada mesin disel kompensional atau
mesin-mesin disel kecil udara masuk ke dalam silinder adalah akibat isapan piston
dan dengan cara ini udara yang masuk ke dalam silinder tidak sepenuhnya dapat
mengisi silinder mesin (hanya terisi ± 80%), sehingga panas yang ditimbulakn
juga tidak akan meaksimum. Untuk mesin-mesin disel besar dan disel modern yang
membutuhkan tenaga besar didesainlah mesin disel dengan tambahan komponen yang
disebut turbo charger.
Kerja engine diesel yang effisien memerlukan jumlah udara
yang tepat pada ruang pembakaran dan gas buang dapat keluar dengan hambatan
yang minimal. Suhu udara masuk dan gas buang yang keluar juga merupakan hal
yang penting pada performa dan usia pakai engine.
Sistem pemasukan udara engine terbagi
menjadi beberapa jenis yaitu:
1. Natural aspirated
2. Turbocharger
Engine yang menggunakan turbocharger
terbagi menjadi dua jenis yaitu:
1. Turbocharger
2. Turbocharger
aftercooler
Aftercooler yang dipergunakan turbocharger
engine terdiri dari:
1. Air to air aftercooler
2. Jacket water
aftercooler
3. Separate circuit
aftercooler
Natural aspirated merupakan sistem
pemasukan udara kedalam ruang bakar secara alamiah. Hisapan piston saat
langkah intake mengakibatkan udara luar mengalir melewati precleaner,
air cleaner, intake manifold karena terjadi kevakuman diruang bakar.
Apabila terjadi hambatan pada air cleaner
dan sistem intake, kerapatan udara yang dihisap menjadi sangat rendah
dibanding kerapatan udara atmosfer. Karena jumlah udara terbatas maka bahan bakar
yang diinjeksikan juga terbatas sehingga tenaga yang dihasilkan juga terbatas.
Sedangkan Turbocharger merupakan sistem pemasukan udara kedalam ruang bakar dengan cara dipaksa
Untuk melakukan pekerjaan dan perbaikan pada
sistem udara pada engine, maka penting untuk memahami aliran udara
melalui system dan fungsi tiap komponen. Juga penting untuk memahami bentuk komponen
tersebut dan bagaimana cara bekerjanya.
Keterangan gambar:Sistem pemasukan udara dan pembuangan gas buang yang umum
yaitu:
1. Precleaner;
2. Air filter;
3. Turbocharger;
4. Intake manifold;
5. Aftercooler;
6. Exhaust manifold;
7. Exhaust stack;
8. Muffler; dan Connecting pipes.
Terimakasih atas infonya ya min, sangat bermanfaat.
BalasHapusOh ya, sekedar informasi tambahan aja nih.
Bagi yang membutuhkan Penyewaan AC untuk keperluan berbagai acara seperti event, pameran, pesta dan lain-lain bisa coba menghubungi kami Arthur Teknik.
Salam Blogger min.
Maintain car performance with special periodic service packages. Let's visit our website here https://otomotif71.wordpress.com/
BalasHapus