Rabu, 18 April 2018

Jenis-Jenis Contaminant


Contamination   control   sangat penting diterapkan dalam melakukan pekerjaan karena sering sekali kita mengabaikan musuh utama ini   akibat   tidak terlihat ataupun tidak disadari. 




Jenis-jenis contaminant yang sering sekali  mencemari system-system alat berat terdiri dari : 

1. Partikel, yang terdiri dari : 
a. Kotoran 
b. Partikel bekas proses pengelasan 
c. Cat 
d. Serpihan atau lembaran plastik 
e. Partikel akibat keausan logam 
f Debu rokok
g. Gemuk (grease)
h. Material yang timbul dari oksidasi oil

2. Kimiawi 
a.  Panas 
b.  Air 
c.  Udara

Setengah sendok teh debu yang mencemari 55 gallon oil sudah mencapai batas maksimal  contaminant yang diperbolehkan untuk alat-alat berat. Dari ilustrasi diatas  terlihat  jelas  betapa  pentingnya  kesadaran  kita  untuk  menjaga  supaya contaminant jangan sampai mencemari system.

Suaian (Clearance) dari komponen-komponen alat-alat berat berkisar antara 5-30 micron.  Suaian ini begitu kecil  apabila dibandingkan dengan ukuran rambut manusia yang berukuran 80 mikron dan clearance sebesar ini cendrung tidak terlihat karena kemampuan mata manusia untuk melihat hanya terbatas hingga 40 mikron. Satu mikron sama dengan  sepersejuta meter.



Gambar  diatas  menunjukkan    adanya  contaminant  yang  terjebak  diantara dua permukaan logam yang bersuaian satu dengan yang lainnya, hal ini menyebabkan terjadinya pelipat  gandaan partikel setelah   proses terperangkapnya contaminant setiap kali  terjadi kontak permukaan.



0 komentar:

Posting Komentar