1. Kamar muka (Precombution Chamber)
Cara kerja
Pada
langkah kompresi, sebagian besar udara ditekan kedalam kamar muka, kemudian
bahan bakar disemprotkan terhadap bola penyala. Bagian tersebut terikat dengan
jembatan yang relatif tipis, maka menjadi sangat panas selama motor hidup. Oleh
karena itu, dengan cepat akibat pembakaran, sebagian bahan bakar ditiup keluar
dari kamar muka dan ikut terbakar dengan udara yang masih didalam silinder.
Catatan
·
Saat ini sistem tersebut hanya
digunakan Mercedes – Benz
·
Memerlukan injektor jenis Nozel pasak
dengan bentuk penyemprotan khusus, tekanan pembukaan Nozel 110 – 150 bar / 11 –
15 Mpa
·
Memerlukan sistem pemanas mula untuk
menghidupkan motor, bila suhunya lebih rendah dari ± 50oC
2. Kamar Pusar (Swirl Comution Chamber)
Cara kerja
Pada
langkah kompresi, sebagian besar udara ditekan kedalam kamar pusar. Udara menerima pusaran yang sangat cepat, karena
saluran penghubung yang menuju secara kedalam kamar pusar dikonstruksi miring /
tangensial.
Akibatnya
bahan bakar yang disemprotkan cepat menguap
dan menyalakan diri. Dari hasil pembakaran sebagian bahan bakar ditiup keluar dari kamar pusar dan ikut
terbakar dengan sisa udara yang masih didalam silinder.
Catatan
·
Kebanyakan motor kecil – sedang
menggunakan sistem ini
·
Menggunakan injektor nozel pasak dengan
tekanan pembukaan nozel 110 – 150 bar / 11 – 15 Mpa
·
Jika kondisi motor baik, sistem pemanas
mula hanya perlu pada temperatur dibawah 25oC
Berikut adalah video cara kerja injeksi tak langsung
0 komentar:
Posting Komentar