Cara kerja:
Pada
akhir langkah kompresi, torak mendekati kepala silinder, udara akan tertekan
kedalam ruang bakar dan menerima pusaran yang cepat. Kemudian bahan bakar
disemprotkan melalui lubang – lubang nosel injeksi dan akan dibagikan dalam
ruang bakar. Akibat temperatur tinggi dan pusaran bahan bakar cepat menguap dan
menyala dengan sendirinya.
Catatan
·
Kebanyakan
motor besar menggunakan sistem ini
·
Memerlukan
injektor jenis lubang banyak dengan tekanan pembukaan yang tinggi
·
Tidak
memerlukan sistem pemanas mula, pada saat motor dingin temperatur akhir langkah
kompresi masih cukup tinggi untuk penyalaan diri
·
Perbandingan
kompresi tinggi
Macam – macam bentuk
ruang bakar
Cara memperoleh pusaran
Contoh:
ruang bakar bentuk hati
Selama langkah isap
Saluran
isap dikonstruksi sedemikian rupa, supaya terjadi pusaran radial
Selama langkah kompresi
Sewaktu
torak mendekati TMA udara ditekan kedalam ruang bakar, sehingga terjadi putaran
arah aksial
Hasil pada saat penyemprotan
Udara
yang berputar (pusaran radial dalam ruang bakar, dalam waktu yang bersamaan
terjadi pusaran aksial)
0 komentar:
Posting Komentar