Jumat, 06 April 2018

POMPA OLI MOTOR 4T

Bagian-bagian pompa oli




1.    Saringan oli kasar
2.    Tutup pompa oli
3.    Rotor yang digerakkan
4.    Rotor penggerak
5.    Pen pengunci
6.    Penahan katup pelepas oli
7.    Pegas katup pelepas
8.    Katup pelepas


Macam-macam penggerak pompa oli :
1.    Poros kam/Noken As
2.    Poros engkol/As kruk



Jenis-jenis pompa oli

1.    Pompa oli bentuk rotor
Pompa jenis rotor digerakkan oleh poros kam/Noken As

Bagian-bagian





Cara kerja
Rotor (no 1) berputar mengisap oli melalui saluran no 5 ke dalam ruangan yang dibentuk antara dua gigi rotor. Oli terdesak ke arah putaran roda dan di tekan keluar menuju pemakai (saluran no 6).

Prinsip kerja
Oli terhisap dan ditekan berdasarkan pembesaran dan pengecilan ruangan yang dibentuk kedua rotor.

Penggunaan


Hampir semua mobil sekarang (Toyota, Mitsubhisi, Opel, Ford)
2.    Pompa oli jenis roda gigi luar
Pompa oli jenis gigi luar digerakkan oleh poros kam/Noken As

Bagian-bagian







1.    Roda gigi pemutar
2.    Roda gigi bebas
3.    Rumah pompa
4.    Saluran masuk
  1. Saluran keluar
  2. Poros pemutar
  3. Poros tetap (paten)


Cara kerja
Roda gigi berputar mengisap oli masuk ke smping kanan/kiri dari kedua roda gigi. Oli ditekan keluar menuju pemakai

Prinsip kerja
Oli terhisap dan ditekan berdasarkan putaran kedua roda gigi

Penggunaan
Motor lama/kuna (Willys, Nissan)
 
3.    Pompa oli jenis roda gigi dalam
Pompa oli jenis roda gigi digerakkan oleh poros engkol/As kruk

Bagian-bagian







1.    Roda gigi dalam
2.    Roa gigi luar
3.    Pemisah
  1. Saluran masuk
  2. Saluran keluar
  3. Poros engkol
  4. Pasak

Cara kerja
Roda gigi berputar oli terhisap masuk melalui saluran masuk (no 4) ke dalam ruangan yang dibentuk oleh dua roda gigi.
Oli ditekan keluar menuju pemakai melalui saluran keluar (no 5)

Prinsip kerja
Sama dengan pompa oli jenis roda gigi luar

Penggunaan

 Daihatsu, Suzuki

Videonya dapat dilihat di bawah ini
 




0 komentar:

Posting Komentar