1.
Saringan oli kasar
2.
Tutup pompa oli
3.
Rotor yang digerakkan
4.
Rotor penggerak
|
5.
Pen pengunci
6.
Penahan katup pelepas oli
7.
Pegas katup pelepas
8.
Katup pelepas
|
Macam-macam penggerak pompa oli :
1.
Poros kam/Noken As
2.
Poros engkol/As kruk
Jenis-jenis pompa oli
1. Pompa oli bentuk rotor
Pompa
jenis rotor digerakkan oleh poros kam/Noken As
Bagian-bagian
Cara kerja
Rotor
(no 1) berputar mengisap oli melalui saluran no 5 ke dalam ruangan yang
dibentuk antara dua gigi rotor. Oli terdesak ke arah putaran roda dan di tekan
keluar menuju pemakai (saluran no 6).
Prinsip kerja
Oli
terhisap dan ditekan berdasarkan pembesaran dan pengecilan ruangan yang
dibentuk kedua rotor.
Penggunaan
Hampir
semua mobil sekarang (Toyota, Mitsubhisi, Opel, Ford)
2. Pompa oli jenis roda gigi luar
Pompa
oli jenis gigi luar digerakkan oleh poros kam/Noken As
Bagian-bagian
1.
Roda gigi pemutar
2.
Roda gigi bebas
3.
Rumah pompa
4.
Saluran masuk
|
|
Cara kerja
Roda
gigi berputar mengisap oli masuk ke smping kanan/kiri dari kedua roda gigi. Oli
ditekan keluar menuju pemakai
Prinsip kerja
Oli
terhisap dan ditekan berdasarkan putaran kedua roda gigi
Penggunaan
Motor
lama/kuna (Willys, Nissan)
3. Pompa oli jenis roda gigi dalam
Pompa
oli jenis roda gigi digerakkan oleh poros engkol/As kruk
Bagian-bagian
1.
Roda gigi dalam
2.
Roa gigi luar
3.
Pemisah
|
|
Cara kerja
Roda
gigi berputar oli terhisap masuk melalui saluran masuk (no 4) ke dalam ruangan
yang dibentuk oleh dua roda gigi.
Oli
ditekan keluar menuju pemakai melalui saluran keluar (no 5)
Prinsip kerja
Sama
dengan pompa oli jenis roda gigi luar
Penggunaan
Daihatsu,
Suzuki
Videonya dapat dilihat di bawah ini
0 komentar:
Posting Komentar