1. Injeksi langsung (contoh: bentuk bak)
Bagian – bagian:
1.
Injektor ( jenis lubang banyak)
2.
Ruang bakar
Bentuk ruang bakar:
Ruang
bakar ada di dalam silinder biasanya di dalam torak
Macam – macamnya:
1. Bentuk bak
2. Bentuk setengah bola
3. Bentuk hati
4. Bentuk bola
Cara kerja:
Bahan
bakar disemprotkan langsung ke dalam silinder. Nosel injeksi biasanya mempunya beberapa lubang
Penggunaan:
Kebanyakan
motor – motor besar
Keuntungan:
- Efisiensi dan daya tinggi
- Dapat dihidupkan tanpa pemanas mula
Kerugian:
- Suara keras
- Pompa injeksi dan injektor lebih mahal, karena tekanan
penyemprotan tinggi
2. Injeksi tak langsung (contoh: kamar pusar)
Bagian – bagian
1.
Injektor
2.
Busi pijar
3.
Ruang bakar
4.
Saluran penghubung
Bentuk ruang bakar:
Ruang
bakar berada diluar silinder
Macam – macamnya:
1. Kamar
pusar
2. Kamar muka
Cara kerja
Udara
dikompresikan ke dalam ruang bakar. Karena saluran penghubung menuju ke ruang
bakar berkonstruksi miring / tangensial, maka udara menerima olakan yang
mempermudah pembentukan campuran pada saat bahan bakar disemprotkan. Oleh
karena itu tekanan injektor bisa lebih rendah dan nosel cukup dengan satu
lubang.
Penggunaan:
Pada
motor – motor kecil dan sedang
Keuntungan:
· Suara lebih halus daripada motor dengan
injeksi langsung
· Perlengkapan injeksi lebih murah,
karena tekanan penyemprotan lebih rendah
Kerugian:
·
Efisiensi dan daya kurang daripada
injeksi langsung
·
Memerlukan sistem pemanas mula
untuk lebih jelasnya lihat video berikut:
untuk lebih jelasnya lihat video berikut:
0 komentar:
Posting Komentar