Kamis, 05 April 2018

Penggolongan motor diesel dari cara penyemprotan dan pembentukan campuran


Penggolongan Motor diesel apabila ditinjau dari cara penyemprotan dan pembentukan campuran dapat di bedakan atas 2 jenis yaitu:




1.    Injeksi langsung (contoh: bentuk bak)



Bagian – bagian:

1.    Injektor ( jenis lubang banyak)

2.    Ruang bakar

Bentuk ruang bakar:

Ruang bakar ada di dalam silinder biasanya di dalam torak

Macam – macamnya:
1.    Bentuk bak
2.    Bentuk setengah bola
3.    Bentuk hati  
4.    Bentuk bola


Cara kerja:

    Bahan bakar disemprotkan langsung ke dalam silinder. Nosel injeksi biasanya mempunya beberapa lubang


Penggunaan:
Kebanyakan motor – motor besar

Keuntungan:
-     Efisiensi dan daya tinggi
-     Dapat dihidupkan tanpa pemanas mula

Kerugian:
-      Suara keras
-      Pompa injeksi dan injektor lebih mahal, karena tekanan penyemprotan tinggi
 


2. Injeksi tak langsung (contoh: kamar pusar)



Bagian – bagian

1.    Injektor

2.    Busi pijar

3.    Ruang bakar

4.    Saluran penghubung



Bentuk ruang bakar:

Ruang bakar berada diluar silinder



Macam – macamnya:

1.  Kamar pusar 
2.  Kamar muka
  
Cara kerja
 Udara dikompresikan ke dalam ruang bakar. Karena saluran penghubung menuju ke ruang bakar berkonstruksi miring / tangensial, maka udara menerima olakan yang mempermudah pembentukan campuran pada saat bahan bakar disemprotkan. Oleh karena itu tekanan injektor bisa lebih rendah dan nosel cukup dengan satu lubang.



Penggunaan:

Pada motor – motor kecil dan sedang



Keuntungan:

·    Suara lebih halus daripada motor dengan injeksi langsung

· Perlengkapan injeksi lebih murah, karena tekanan penyemprotan lebih rendah



Kerugian:

·        Efisiensi dan daya kurang daripada injeksi langsung

·        Memerlukan sistem pemanas mula

untuk lebih jelasnya lihat video berikut:



0 komentar:

Posting Komentar