Sabtu, 07 April 2018

Perlengkapan Kerja Bulldozer

Terdapat beberapa perlengkapan kerja yang digunakan pada bulldozer, seperti: blade, ripper, bucket, dan towing winch. Berikut di berikan beberapa contoh dari perlengkapan tersebut.

1. Blade
Blade merupakan salah satu perlengkapan kerja (work equipment) yang tersedia pada sebuah bulldozer yang berfungsi untuk mendorong, meratakan dan memotong material. Blade terletak dibagian depan sebuah bulldozer berupa plat baja yang dapat digerakkan secara hidrolik. Berikut ini contoh dari Blade
  • Straigh-tilt dozer
 

Blade ini  dilengkapi  dengan  sebuah  tilt  cylinder, yang memungkinkan  kemiringan blade dapat diatur dari kabin operator, sehingga produktivitas alat dapat meningkat. Konstruksinya yang kokoh sangat cocok digunakan untuk dioperasikan di daerah bebatuan.
  • Straigh dozer


 Blade ini sama dengan tipe Straigh-tilt dozer tetapi tidak dilengkapi dengan tilt cylinder


  • Angel dozer


 Dapat diserongkan sebesar 25 derajat dan dapat ditinggikan secara manual. Angel dozer cocok digunakan untuk pekerjaan scraping tanah lunak atau salju sehingga material dapat terbuang ke samping.
  •  Power angel-tiltdozer


 


Pengaturan  sudut  kemiringan  dan  ketinggian  blade pada  satu  sisi dapat diatur dari kabin operator dan blade ini efektif untuk pekerjaan grading, back filling, spreading dan land clearing yang ringan.

  •  Dual tiltdozer


 Blade ini memiliki dua buah tili cylinder pada kedua sisinya. Optimum untuk pemotongan berbagai material dan pengaturan sudut pemotongan yang lebih baik sehingga meningkatkan produktifitas alat.

  •  Semi U-tiltdozer


 Blade ini hampir sama dengan straigh blade dengan menambah sayap pendek dikedua sisinya sebatas end bit, maka blade ini dapat digunakan untuk meningkatkan kapasitas beban


  •  U-tilt dozer


 Sayap yang terdapat pada kedua sisi blade ini dapat meminimalkan terbuangnya material kesamping. Blade ini cocok untuk mendorong tanah yang ringan dengan jarak yang jauh, sehingga sangat sesuai untuk pekerjaan reklamasi tanah.

  •  Coal dozer




Dengan konstruksi yang cukup lebar dan adanya sayap di kedua sisinya, blade ini khusus dirancang untuk mendorong batu bara,

  •  Rake dozer

Blade berbentuk  garpu  berguna  untuk  mencabut  sisa-sisa  akar pohon dan mendorong ranting-ranting kayu agar kerusakan top soil dapat dikurangi
 

 2. Ripper
Ripper merupakan peralatan yang berbentuk taji yang terpasang pada bagian belakang dari sebuah Bulldozer yang berfungsi untuk memecah batu atau material tanah yang keras menjadi bongkahan- bongkahan kecil sehingga memudahkan untuk digusur. Berikut ini ditunjukkan berbagai macam tipe ripper yang digunakan pada Bulldozer.

  •  Multi-shank rippers (rigid type)



Ripper ini memiliki tiga buah shank rippers yang disusun secara parallel.  Multi-shank rippers ini  sangat  efisien  digunakan  pada daerah yang memiliki material lunak karena sudut gali (digging angel) ripper ini dapat optimum.


  • Multi-shank rippers (variable type)




Ripper ini memiliki tiga buah ripper point  yang dapat divariasikan sudutnya secara hidrolik disesuaikan dengan kondisi material yang digalinya.

  • Giant rippers (variable type)


 Giant rippers dirancang khusus untuk memecah material batu yang cukup keras. Ripper ini memiliki sebuah ripper point yang dapat diatur  (adjustable) guna  menyesuaikan  dengan  material  yang digali.

3. Bucket
 Bucket merupakan perlengkapan kerja yang digunakan salah satunya pada Dozer Shovel. Fungsi utama bucket pada dozer shovel adalah untuk menggali (digging) dan memuat (loading) material tanah, batu, kayu dan lain-lain. Berikut ini ditunjukkan berbagai macam tipe dari bucket.

  • Rock bucket



Rock bucket digunakan untuk menggali dan memuat batu-batuan. Bucket  ini  memiliki  material  yang  cukup  kuat  karena  sudah dilakukan penguatan (reinforcement).

  • Large bucket

Large bucket digunakan untuk memuat dan membawa material yang besar dengan specivic grafity yang kecil, seperti pasir.


  • Multi-purpose bucket



Bucket ini secara konstruksi tediri dari dua bagian, yaitu blade dan bucket yang dapat dibuka dan ditutup. Bucket ini dapat berfungsi sebagai bucket, blade, scraper dan clamsheel.

  • Side-dump bucket 




Selain digunakan untuk dumping, bucket dapat dimiringkan kesalah satu sisi tanpa memutar alat, sehingga dapat memperkecil cycle time yang pada akhirnya dapat meningkatkan produktivitas alat.

  • Three-way bucket 


 Bucket dapat dimiringkan ke kanan, ke kiri, dank ke depan tanpa harus  memutar  alat,  sehingga  cycle  time  bisa  diperkecil  guna meningkatkan produktivitas.


 3. Towing winch


 

Towing winch adalah gulungan kawat baja yang diletakkan pada bagian belakang bulldozer yang berfungsi sebgai alat untuk menarik kayu, mesin, portable camp, dan lain-lain.

 


0 komentar:

Posting Komentar